Music News

Interview: Duo Rocky

Oleh Theduardo Prasetyo

Duo Rocky yang beranggotakan Aji Batara dan Yosua Julian Dwi Cahyo baru-baru ini memenangkan juara 1 kompetisi gitar yang diadakan oleh JIEGF di Jepang dan sekaligus juga menyabet gelar Best Duo. Duo Rocky dalam wawancara dengan Guitanesia menceritakan perjalanan mereka dengan lebih lanjut.

Bagaimana Duo Rocky bisa terbentuk?

Terbentuk karena saran dari ketua KKM untuk main di acara pascasarjana ISI di tahun 2016 dan akhirnya berlanjut bermain bersama dalam grup duo. Kami sempat juga ikut serta dalam kompetisi-kompetisi lain sebelum JIEGF, misalnya kompetisi Valerio.

Bagaimana cerita kalian bisa mengikuti kompetisi JIEGF ?

Kami tahu tentang kompetisi ini dari Pak Rahmat Rahardjo. Beliau menawarkan kami untuk ikut lomba dan memberi formular untuk mengikuti acara ini. Setelah diskusi dengan grup-grup lain yang juga ingin ikut lomba, kami semua sepakat pergi bersama dengan grup Indonesian Guitar Collective.

Apa yang membedakan kompetisi-kompetisi yang pernah kalian ikuti dengan JIEGF di Jepang ?

Yang membedakan adalah penontonnya. Pada saat kami tampil di Jepang, semua penonton benar-benar fokus memperhatikan penampilan para peserta. Mereka bahkan tidak melihat hp, mengambil foto, ataupun membuat suara-suara yang bisa mengganggu penampilan anggota.

Apa kalian rencana kalian untuk kedepannya ?

Untuk jangka dekat, kami akan konser dengan orkestra di ISI memainkan karya Tedesco Guitar Concerto. Untuk jangka panjangnya, kami sempat membahas untuk membuat album yang semoga selesai desember nanti.

Apa arti kompetisi untuk kalian ?

Aji: untuk saya, sebetulnya saya berniat menabung dari hasil kompetisi ini untuk membeli gitar. Karena, gitar saya sebetulnya masih belum cukup untuk kelas yang profesional. Kompetisi juga menurut saya ajang yang baik untuk bertemu orang baru dan juga mencari kesempatan-kesempatan yang baru.

Yosua: kalau untuk saya, kompetisi ini untuk mencari pengalaman di luar, karena tidak semua gitaris di Indonesia bisa punya kesempatan untuk bisa mengikuti kompetisi di luar negeri.

Gitar apa yang kalian mainkan ?

Kalau jujur, sebetulnya gitar yang kita mainkan dari saat kita masuk ke ISI adalah gitar kelas C300 Yamaha. Jadi tiap kita konser, atau misalnya kompetisi kemarin, kami meminjam gitar. Kebetulan teman kami Aruna menawarkan untuk meminjam gitar. Pada saat kompetisi kemarin kami memainkan gitar oleh Bogi Nugrahadi dari Indonesia dan Vu Tran dari Vietnam.

Advertisements

0 comments on “Interview: Duo Rocky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: