Music News

Interview: Nocturnal Guitar Quartet

Oleh Harold Sumual

Akhir bulan lalu beberapa gitaris dari Yogyakarta yang tergabung dalam Indonesia Classical Guitar Collective pergi ke Jepang untuk mengikuti kompetisi Japan International Ensemble Guitar Festival ke-30. Tim tersebut membawa pulang 3 gelar juara yaitu Duo Rocky mendapatkan juara pertama sekaligus ‘Best Duo’, Nocturnal Guitar Quartet keluar sebagai juara ke-3 juga memenangkan Harumi Award untuk ‘Best Performance of a Modern Guitar Piece’, serta Nabita Guitar Duo mendapatkan ‘Best Student Award’, untuk hasil lengkapnya bisa dilihat disini. Ini merupakan prestasi yang membanggakan seperti yang Dilansir dari KBRI Tokyo, karena ini kemenangan pertama dan juga partisipasi pertama kontestan dari Indonesia dalam 30 tahun kompetisi tersebut.

Khusus untuk Nocturnal Guitar Quartet kami masih belum lupa pada tahun 2016 juga mendapatkan Juara I di kompetisi Filadelfia Festival di Italia. Indonesia mungkin sudah memiliki beberapa kwartet gitar, namun rasanya belum banyak (atau belum ada!) yang prestasinya menyamai Nocturnal Guitar Quartet, maka kami sangat tertarik untuk mewawancarai kwartet yang berisikan Gita Puspita Asri, Adi Suprayogi, Vaizal Andrians, dan Roby Handoyo ini. Berikut wawancara kami yang diwakilkan oleh Vaizal Andrians NGQ.

 

Selamat Nocturnal Guitar Quartet sudah mendapatkan juara 3 di Japan International Ensemble Guitar Festival ke-30!

Berapa lama persiapan kalian untuk kompetisi ini dan apa alasan kalian memilih kompetisi JIEGF ? Bagaimana kalian menyiapkan diri 1 atau 2 hari sebelum kompetisi ? Karena melakukan perjalanan jauh ke negara lain pasti sangat melelahkan.

Kami berproses kurang lebih 8 bulan untuk mengikuti JIEGF, kami mendengar tentang adanya JIEGF pada tahun 2017 ketika kami mengikuti TMIGF (Tarrega Malaysia International Guitar Festival) kami bertemu dengan salah satu pengurus Japan Association Guitar Ensemble yaitu Pak Hiroyuki yang menawarkan kami untuk ikut dalam ajang JIEGF 2018, diperkuat lagi ketika itu kami juga bertemu dengan Iqui salah satu anggota Triple Fret dari Filipina pada tahun 2015 menjadi juara di ajang JIEGF, Iqui mengatakan ajang tersebut bergengsi khususnya untuk gitar ensemble dan perlu dicoba. Berbekal hal itu kami mulai mempersiapkan untuk mengikuti JIGF pada tahun ini.

1 atau 2 hari sebelum kompetisi? Seperti biasanya kami 10% latian dan 90% sisanya adalah bersenang – senang dan istirahat.

Kami masih ingat kalian juga pernah Juara 1 di kompetisi di Italia pada tahun 2016, apa yang membedakan persaingan di kompetisi JIEGF dari Filadelfia Festival 2016 ?

Pada tahun 2016 di Filadelfia Italy kami mengikuti kompetisi kategori mixed chamber yang mana kami bersaing dengan lintas intrumen dan di JIEGF tahun ini khusus untuk gitar ensemble, tentunya pada JIEGF kali ini persaingan lebih ketat karena kami bersaing dalam instrumen sejenenis.

Di beberapa artikel yang menulis tentang kalian di JIEGF selalu dikatakan bahwa kalian juga memenangkan Harumi Award, tapi tidak ada yang menjelaskannya. Apa sebenarnya Harumi Award itu ?

Kami mendapatkan Harumi Award “Best Performance of a Modern Guitar Piece“ dimana kami dinobatkan sebagai grup ensemble terbaik dalam membawakan karya modern khususnya untuk karya orginal gitar ensemble. Pada waktu itu kami membawakan karya “Uarekena” dari Sergio Assad.

Apa arti kompetisi musik bagi kalian ?

Jika kompetisi musik itu adalah sebuah puncak dari gunung, kami belajar banyak hal yang tidak pernah terpikirkan ketika kita berusaha menuju puncak dan hal itu yang membuat kami terus belajar.

Apa yang membedakan kalian dari kwartet gitar lain yang sudah ada atau akan ada di Indonesia ?

Nocturnal Guitar Quartet ? Jika nanti di Indonesia ada 551 gerai KFC, bisa dipastikan gerai pertama itu adalah kami, karena kami bukan sekedar ‘Gitaris’.

Advertisements

0 comments on “Interview: Nocturnal Guitar Quartet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: