Music News

Langkah-Langkah Belajar Gitar Jazz?

Oleh Theduardo Prasetyo

Disponsori oleh Dion Janapria – Gitaris Jazz – Cek website Dion Janapria di

https://guyub-gitar-by-dion-janapria.teachable.com/ untuk materi belajar gitar jazz

Di jaman sekarang, pengaruh musik jazz dapat didengar di banyak sekali genre musik, mulai dari musik populer sampai musik klasik. Progresi II-V-I yang sangat tipikal dalam musik jazz sudah sangat sering juga dipakai di musik pop masa kini, seperti di awal lagu Sunday Morning oleh Maroon 5. Penggunaan gitar dalam musik jazz adalah elemen yang penting. Instrumen ini sudah digunakan sejak awal mula genre ini lahir, misalnya oleh Freddie Green, seorang gitaris yang bermain di Count Basie’s Band sebagai anggota rhythm section yang perannya sangat penting untuk menyatukan ritme big band secara keseluruhan. Tentunya dalam kasus Freddie Green ia memainkan gitarnya dengan teknik yang sesuai dengan permainan iringan big band, yaitu hanya dengan memainkan 2-3 not penting (terts, quint, septim) dari sebuah kord dengan sangat ritmis.

 

Progresi II-V-I pada gitar jazz

Mempelajari gitar jazz berbeda dengan cara belajar gitar klasik ataupun rock karena gitaris jazz harus mempunyai pemahaman harmoni yang lebih baik – bukan hanya pengetahuan teknis tentang gitar – agar bisa berimprovisasi dan tahu not mana yang sebaiknya dimainkan. Pada instrumen gitar, ada banyak pola-pola skala yang dengan mudah bisa dipelajari dan dihafal sebelum bisa benar-benar mengenal skala tersebut secara musikal. Iringan gitar jazz juga sedikit berbeda karena ada banyak kord yang dimainkan berbeda (ada not yang dihilangkan atau ditambahkan) berdasarkan voicing yang diinginkan atau yang pas dengan melodi. Dalam kasus progresi II-V-I saja ada banyak skala yang bisa digunakan, misalnya saja dorian untuk kord II, skala mixolydian untuk kord V, dan ionian untuk kord I. Di dalam skala-skala yang sudah disebutkan tadi juga bisa kita ubah beberapa notnya agar skala lebih terdengar beda dan menarik, atau “miring”.

 

Gaya gitar Freddie Green

Untuk kalian yang sudah memiliki pengalaman bermain gitar dan ingin mendalami gitar jazz dengan baik dan benar, kalian bisa belajar secara online dengan melihat video yang sudah disusun secara baik dan didaktis oleh Dion Janapria. Dion Janapria adalah salah satu gitaris jazz indonesia dengan pengalaman mengajar dan bermusik segudang. Ia telah memiliki lebih dari 500 murid selama ia tinggal di Belanda dan juga telah bekerja sama dengan banyak artis lokal dan mancanegara, antara lain dengan : Kamashi Washington, Rob King Big Band, Yuni Shara, Sandy Sandhoro, Il Divo, dan masih banyak lagi.

 

Dapatkan promo khusus jika kalian membeli “101 Metode Jazz Gitar : Level Basic”, kalian juga akan mendapatkan bonus “12 Bar Jazz Blues Mastery”. Promo ini berlaku sampai 4 Februari dengan harga Rp. 649.000,-

Cara mendapat promo ini adalah dengan like dan share page GUITANESIA di Facebook dan Instagram kalian dan subscribe akun Youtube kami. Kirimkan bukti kalian dan kami akan kirimkan kode khusus yang kalian bisa gunakan di website di bawah ini

https://guyub-gitar-by-dion-janapria.teachable.com/

 

 

Advertisements

0 comments on “Langkah-Langkah Belajar Gitar Jazz?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: